Distorsi Waktu

Pernahkah anda melalui waktu selama satu jam pada kondisi yang kurang anda sukai, misalnya menunggu kedatangan teman yang terlambat dan terasa sangat panjang sehingga anda merasa waktu sudah berjalan beberapa jam? Atau mungkin anda pernah mengalami sebuah kejadian yang membahagiakan selama seharian penuh tetapi anda merasa waktu berjalan begitu cepat bahkan lebih cepat dari biasanya ? 

Jika anda pernah merasakan satu atau kedua hal tersebut, tentunya akan lebih mudah untuk memahami penjelasan tentang distorsi waktu.

Distorsi waktu secara singkat bisa dijelaskan sebagai persepsi jam pikiran manusia yang berbeda dengan waktu yang sesungguhnya sehingga waktu bisa terasa lebih cepat maupun lebih lambat dari yang sesungguhnya.

Bagian pertama adalah memperlambat waktu. Manusia cenderung merasakan waktu berjalan lebih panjang dari sebenarnya saat mengalami suatu kejadian yang kurang diinginkan. Hal ini diakibatkan oleh pikiran manusia yang enggan fokus pada hal-hal yang kurang diinginkan tersebut sehingga lebih meneliti detail kejadian atau sensasi lain yang sama sekali tidak berhubungan dengannya sebagai cara melindungi diri dari hal yang kurang diinginkan tadi.

Jika anda kurang menyukai suatu mata kuliah mungkin anda akan menghabiskan waktu untuk ngobrol dengan teman, menggambar atau hal-hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan perhatian dari mata kuliah tersebut sedangkan pikiran anda berharap waktu berlalu lebih cepat, jadi faktor yang menyebabkan waktu terasa sangat lama adalah keinginan anda sendiri untuk mempercepat waktu yang tentu saja tidak bisa anda lakukan.

Pada sebagian orang yang bisa memanfaatkan distorsi waktu fenomena ini bisa digunakan sebagai sarana mempercepat pembelajaran, mempersingkat waktu istirahat dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh skrip memperlambat waktu untuk klien dengan sugesti tidur :

Sepuluh menit waktu istirahat yang anda rasakan saat ini memberikan manfaat yang sama dengan tidur normal selama satu jam
Anda bebas menikmati istirahat anda karena waktu berjalan begitu
lambat
Dua puluh menit waktu istirahat yang anda rasakan saat ini
memberikan manfaat yang sama dengan tidur normal selama dua jam
Nikmati istirahat yang sangat nyaman

Bagian kedua adalah mempersingkat waktu. Biasanya manusia merasakan waktu berjalan dengan cepat saat menjalani hal yang disukai. Karena manusia hanya fokus pada hal yang disukai tersebut dan mengabaikan hal-hal yang lain sehingga melewatkan banyak hal disekelilingnya dan faktor yang paling penting adalah manusia tidak pernah merasa cukup dengan wktu yang ada untuk merasakan kesenangan dalam hidupnya. Selama apapun kesenangan yang dialami manusia pasti tetap terasa terlalu singkat.

Berikut ini adalah contoh penggunaan skrip untuk mempercepat waktu. Skrip ini merupakan contoh yang bisa anda pakai pada klien yang mengalami trance terlalu lama.

Satu jam waktu trance yang anda alami tadi berlalu begitu cepat
Satu jam yang anda alami selama trance terasa sepuluh menit yang
anda lalui pada keadaan normal
Pengalaman trance anda berlalu dengan sangat cepat dan nyaman,
tetapi anda tetap mampu merasakan sensasinya secara utuh
Satu jam waktu trance yang anda alami tadi berlalu begitu cepat
Satu jam yang anda alami selama trance terasa sepuluh menit yang
anda lalui pada keadaan normal

Umumnya penggunaan skrip mempercepat waktu dapat digunakan untuk orang yang kurang menyukai suatu hal yang harus dilakukan . Sebaliknya skrip memperlambat waktu digunakan untuk orang-orang yang ingin memperoleh manfaat dan pengalaman dari apa yang sedang dilakukan, atau membuat istirahat bisa terasa lebih lama dari waktu yang sesungguhnya.