Tips Menghindari Kejahatan Hipnotis

Penipuan yang didahului dengan tepukan bahu, berjabat tangan, berpandangan atau mengepulkan asap rokok sering terjadi. Hal ini sering dicurigai sebagai kejahatan hipnotis. Proses berlangsungnya tindakan ini sangat halus, tetapi akibatnya bisa sangat fatal. Jika memang benar ini adalah sebuah hipnotis, lalu apa yang mesti dilakukan untuk dapat menghindari kejahatan ini.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips sederhana yang bisa anda gunakan untuk membentengi diri pada saat anda berhadapan dengan kejahatan yang anda curigai sebagai hipnotis :

Menolak

Percayalah bahwa hipnotis tidak akan bisa dilakukan kepada orang yang menolak. Mengapa? Karena seluruh proses hipnotis sebenarnya adalah Self Hypnotisis, yaitu mensugesti diri sendiri, dimana rasa takut sendiri dimanfaatkan oleh pelaku. Persoalannya, bagaimana anda bisa menolak orang yang ingin dekat dengan anda?

Mencurigai

Jawaban pertama untuk pertanyaan diatas adalah mencurigai orang yang baru anda kenal, dimana orang itu barusaha selalu mendekati anda atau berada disamping anda. Ingat! Seluruh proses hipnotis merupakan teknik komunikasi yang sangat persuasif. Pertama-tama orang itu akan melihat anda, tersenyum kepada anda, mendekati anda dan kemudian perlahan-lahan menjalankan maksudnya. Jika anda menerimanya, berarti anda membuka pintu untuknya. Karena itu hadapilah dengan rasa curiga. Kecurigaan akan meningkatkan konsentrasi anda untuk menjaga diri. Kecurigaan akan menambah kekuatan anda untuk bertahan pada kesadaran atau prinsip yang anda pegang.

Waspada

Waspadalah kepada orang yang berusaha melakukan kontak fisik seperti menepuk atau memegang tangan anda. Hindari juga percakapan basa-basi yang mungkin terjadi dengan orang yang baru anda temui itu. Apalagi percakapan itu menjadi tidak jelas arah dan maksudnya. Saat anda fokus pada ucapannya, saat itulah induksi terjadi. Segeralah pindah dari tempat itu dan alihkan perhatian ketempat lain.

Sibukkan Pikiran

Sibukkan pikiran anda. Jangan biarkan pikiran anda kosong saat anda berada sendirian ditempat umum. Cara terbaik adalah dengan membaca atau mendengarkan musik. Walau ini bukan berarti anda tidak bisa bersosialisasi dan berhubungan dengan orang lain disekitar anda.

Fokus

Masih berhubungan dengan poin diatas adalah fokus pada apa yang sedang anda lakukan atau hadapi. Ingat, trik yang digunakan oleh orang yang menghipnotis bisa bermacam-macam, misalnya menepuk secara tiba-tiba dari belakang. Atau bisa juga mengalihkan perhatian anda ke sesuatu yang bombastis disertai hadiah besar, berpura-pura meminta bantuan informasi alamat, atau mungkin juga uang, semua itu bertujuan untuk mengalihkan fokus anda.

Menghilangkan kebiasaan "Latah"

Salah satu kebiasaan yang memungkinkan pikiran bawah sadar terbuka adalah kebiasaan latah. Ketika pikiran bawah sadar telah terbuka, maka perintah yang disampaikan dari luar akan cepat masuk tanpa penolakan. Karena itu jika anda memiliki kebiasaan latah, hilangkanlah segera, atau usahakan jangan berpergian sendirian. Berpergianlah dengan orang lain atau ditemani orang lain, dengan demikian, mereka akan bisa membantu mengembalikan kesadaran anda.

Berhati-hati

Jangan mengira bahwa dalam kerumunan itu orang-orang tidak saling mengenal. Bisa jadi mereka saling mengenal dan merupakan satu kelompok yang berbagi tugas. Karena itu, berhati-hatilah terhadap beberapa orang yang secara tiba-tiba mengerumuni anda tanpa suatu sebab yang jelas. Kadang mereka melakukan hipnotis secara berkelompok, seolah tidak saling mengenal. Hindarilah mereka.