Tanya Jawab Seputar Hipnotis


Apakah hipnotis menggunakan kekuatan supranatural ? 

Hipnotis tidak menggunakan kekuatan supranatural, mistik, magis atau apapun bentuknya. Hipnotis merupakan ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari dan digunakan secara ilmiah.

Apakah hipnotis berhubungan dengan kekuatan pikiran ? 

Ya, tapi lebih tepatnya adalah kemampuan klien untuk fokus terhadap arahan sang hypnotist.

Pernahkah kita terhipnotis ?

Umumnya semua orang pasti pernah terhipnotis. Ketika anda menonton film drama, lalu anda terbawa suasana menjadi ikut sedih bahkan menangis. Ketika anda melihat teman anda makan dengan lahap dan anda menjadi ikut lapar, atau ketika kita mendengarkan irama musik dan tanpa sadar kepala kita bergerak mengikuti alunan musik.

Kapanpun pikiran dan perasaan anda terpengaruh dengan apa yang anda lihat, dengar atau rasakan, maka sebenarnya anda telah terhipnotis. hanya saja level hipnotis yang anda alami setiap hari adalah ringan, berbeda dengan level yang digunakan dalam terapi.

Bagaimana rasanya dihipnotis ?

Sama seperti saat anda hampir tidur. Ketika tubuh anda rileks, pikiran tenang, hampir tidur tapi masih bisa mendengar suara disekitar anda, kurang lebih seperti itulah kondisi hipnotis.

Apakah hipnotis bisa digunakan untuk kejahatan ?

Kata kuncinya adalah : Proses hipnotis bisa terjadi jika subyek tidak menolak untuk dihipnotis. Hipnotis tidak bisa dipaksakan kepada orang yang tidak bersedia. Tindakan kriminal bisa saja terjadi jika sebelumnya subyek telah bersedia untuk dihipnotis, lalu sang hypnotist melakukan tindakan kriminal ketika subyek berada dalam pengaruhnya.

Bagaimana cara menghindari kejahatan hipnotis ?

Hipnotis bisa dihindari ketika kita bersikap waspada dan kritis terhadap orang tidak dikenal yang ingin melakukan percakapan akrab dengan kita. Tentu tidak semua orang memiliki niat jahat, tetapi kita wajib untuk waspada dan kritis, karena ketika kita waspada, maka gelombang otak kita akan berada pada level Beta (frekuensi 12-25 Hz), sehingga tidak memungkinkan siapapun bisa menghipnotis anda.

Apakah semua orang bisa dihipnotis ?

Tentu semua orang bisa dihipnotis asalkan mereka dalam kondisi sadar dan bersedia untuk dihipnotis.

Apakah saya bisa menghipnotis dan mensugesti diri sendiri ?

Kita semua bisa menghipnotis maupun mensugesti diri kita sendiri. Proses untuk menghipnotis diri sendiri disebut dengan Self Hypnosis.

Bisakah saya belajar hipnotis ?

Tidak dibutuhkan persyaratan khusus untuk mempelajari hipnotis. Jadi, semua orang pasti bisa mempelajarinya.

Bagaimana cara mempelajari hipnotis ?

Pahamilah teorinya, kemudian praktikan tekniknya dan perbanyak latihan.

Diamana sebaiknya saya mempelajari hipnotis ?

Sebaiknya anda mempelajari hipnotis dirumah bersama teman dekat atau anggota keluarga. Cara ini akan lebih efektif dan aman karena anda telah mengetahui dengan baik siapa partner belajar anda. Selain itu anda juga akan lebih mudah menentukan metode yang akan digunakan, karena anda telah mengetahui karakter dari partner anda.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempelajari hipnotis ?

Semua tergantung keseriusan kita sendiri dalam mempelajarinya. Bila anda serius mempelajari dengan panduan dan metode yang benar, maka satu minggu adalah waktu yang cukup untuk menjadikan anda seorang hypnotist.

Apakah hipnotis yang saya lihat di TV itu sungguhan, atau hanya trik ?

Stage hypnosis yang anda lihat di TV umumnya adalah adegan asli jika yang melakukan pertunjukan memang seorang Stage Hypnotist. Walaupun adegan tersebut asli, tidak tertutup kemungkinan sebuah stage hypnosis telah dipersiapkan sebelumnya agar sang hypnotist dapat melakukan tugasnya dengan lancar sesuai dengan durasi.

Ada juga Stage hypnosis yang tidak asli, karena dibawakan oleh seorang yang tidak memiliki basic hipnotis. Anda akan mengetahui dengan cepat jika telah menguasai tekniknya.