Praktikum

Halaman Praktikum akan membahas secara singkat 3 teknik induksi dalam proses hipnotis, yaitu Metode Bernheim, Metode David Tracy, dan Metode Stare Technic.

Tentu masih banyak teknik lain yang bisa anda pelajari selain ketiga teknik tersebut, karena setiap ahli umumnya memiliki metodenya sendiri.

Jika anda ingin membaca versi lengkap dari ketiga teknik tersebut, atau ingin mempelajari hipnotis dengan lebih mendalam, anda bisa mempelajarinya melalui buku-buku panduan pada halaman Katalog

Buku-buku tersebut merupakan buku panduan hipnotis terbaik dan terlengkap yang telah banyak digunakan sebagai panduan belajar.


Metode Bernheim

Berdasarkan metode Bernheim, Anda dapat melakukan hipnotisme melalui langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah 1
Anda minta kepada subyek untuk duduk di kursi yang ada sandarannya. Sandaran kursi ini penting untuk menopang tubuh subyek apabila dia sudah dalam keadaan hipnosa.

Langkah 2
Subyek diminta supaya memandang lurus ke dalam mata Anda selama beberapa detik, tapi jangan lebih dari satu menit.

Langkah 3
Terangkan kepadanya dengan suara lantang dan tegas, dalam satu nada, bahwa:
  • la sudah hampir tidur. 
  • Mata sudah mulai basah. 
  • Kelopak matanya berat.  
  • Merasa enak, nyaman, kaki dan lengannya hangat.

Langkah 4
Perintahkan subyek agar memandang ibu jari dan telunjuk Anda, yang Anda turunkan perlahan-­lahan diikuti oleh kelopak mata subyek.

Langkah 5
Jika kelopak mata bisa segera terpejam sendiri, tercapailah maksud Anda. Subyek telah berada dalam keadaan hipnosa.

Langkah 6
Jika tidak, Anda mengatakan kepada subyek: "Tutup mata Saudara!"

Langkah 7
Angkat salah satu lengan subyek dan sandarkan pada dinding, atau angkat kepala subyek sambil mengatakan, bahwa lengan itu kaku, melekat pada kepala seolah-olah kepalanya itu besi berani (magnet).

Langkah 8
Jika langkah ketujuh tidak berhasil, Anda harus membantunya sedikit.

Langkah 9
Anda lebih jelas dan tegas dalam cara memberi sugesti.

Langkah 10
Beri sugesti supaya subyek melenyapkan segala pikiran dan gagasan, berusaha agar syarafnya menjadi patuh, supaya merasa enak, segar jasmani, rohani, beristirahat dan mengantuk.

Langkah 11
Segera setelah sugesti-sugesti mulai bekerja, tegaskan terus sugesti-sugesti itu. Perlu juga subyek menerangkan apa yang dialami dengan gerak-gerak kepalanya (mengangguk berarti "ya"; menggeleng berarti "tidak").

Langkah 12
Setiap sugesti yang menimbulkan tanggapan "ya" pada tingkat-tingkat permulaan adalah penting, dan harus digunakan untuk sugesti-­sugesti selanjutnya: "Nah, bukanlah betul sugesti-sugesti saya itu; tidur saudara menjadi Iebih sehat; lengan Saudara menjadi kaku; Saudara tak bisa me/awannya sekarang."

Langkah 13
Jika subyek mencoba mengadakan perlawanan dan nampak berhasil sedikit, maka Anda sebagai penghipnotis membalasnya dengan mengatakan, "Maka lengan Saudara malah terangkat setinggi kepala Saudara. Lihat, saya menariknya kejurusan kepala Saudara":

Langkah 14
Adalah bijaksana untuk tidak menggunakan sugesti-sugesti katalepsi pada dua atau tiga sesi pertama, khususnya apabila....( Penjelasan lengkap dari metode ini bisa anda baca pada buku diktat hipnotis.)